Minggu, 22 April 2012

Budayawan Bolmong Rilis 4 Novel

Kotamobagu,Sm - Budayawan Bolaang Mogondow (Bolmong), Anwar Syukur meluncurkan empat novel bertemakan budaya Bolmong. Masing-masing keempat novel berjudul Pogogalung (Persaudaraan), Bukan Penebus salah, Zaman Belenggu
Dan Pengorbanan Sang Cerita.

Dikatakan Syukur kempat novel tersebut menggunakan bahasa indonesia, namun akar ceritanya mengenai rakyat Bolmong
"Cerita modern, akarnya budaya Bolmong. Sifat-sifat karakternya masyarakat Bolmong, sedangkan setting tempat dalam novel ada di Bolmong, dan ada di Jawa,"

Syukur mencontohkan novel berjudul Zaman Belenggu yang benar-benar mengangkat cerita warga Bolmong di luar daerah. Ia mengangkat tokoh seorang warga Bolmong, yang bersekolah di daerah jawa.

Untuk novel Bukan penebus salah, Syukur membalut kisah cinta dalam budaya bolmong."Jadi disini Ada sistem pelamaran. Konflik orang ketiga,juga ada mahar disiasati dengan adat," tuturnya.

Menurut Syukur, setiap Novel di cetak 400 exemplar. Ia mengharapkan agar Novel-novelnya bisa masuk ke sekolah untuk menjadi judul bacaan,"Saya sedang usahakan ke Dinas pendidikan untuk pengadaan program buku. Kata Pengantar Novel saya dari walikota,Pak Djelantik dan ada dari wawali, Ibu Tatong," paparnya.

Selain Novel dalam bentuk buku, Syukur memiliki Electronic Book Novel yang juga bercerita mengenai rakyat Bolmong,"Judulnya Relasi hitam sang aktivis. Ada bisa di download gratis," katanya.

Sykur kini tengan mengusahakan bekerja sama dengan pengelola website agar supaya bisa dijadikan media promosi daerah Bolmong "Saya usahakan agar bisa dikunjungi lebih banyak pengguna internet, agar bisa bermanfaat promosi daerah," cetusnya. (TM)
Berita ini diambil disini...

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan Komentar...
Tapi maaf komentar Anda perlu dimoderasi, bukan untuk menghilangkan hak Anda berkomentar tapi untuk menghindari penggunaan "kalimat2 yang tidak perlu"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi Blog

Teman di FB